Tuesday, October 27, 2015

Panen Jambu Kristal

Pemanenan Jambu Kristal


Hello guys, kali ini Dunia buah nusantara akan membahas mengenai panen buah jambu kristal. Setelah proses perawatan jambu kristal sekarang kita masuk ke proses panen. Woooow mantap kan panen jambu kristal. oke kita mulai yah.

Jambu kristal sudah mulai berbuah pada bulan keenam setelah penanaman, jika perawatan dan kondisi agriklimat mendukung. Setelah bulan keenam mulai muncul pentil buah, selama kurang lebih 2 bulan buah sudah mulai bisa di panen atau sudah siap petik.
Ciri buah jambu yang siap petik, yaitu : warna buah berubah dari hijau tua ke hijau muda agak putih, ukuran membesar, dan mulai muncul aroma khas jambu kristal.

Buah matang jambu kristal
Buah Jambu kristal siap panen
Untuk keperluan pengiriman, kadang buah jambu dipanen sebelum matang, artinya 80% kematangan. Untuk mengetahui cirinya ada di warna kulit buah yang belum menunjukkan warna putih.
Dengan kematangan 80% buah akan memiliki tekstur yang lebih kuat, sehingga meminimalisir kerusakan benturan saat diperjalanan.

Pada saat proses panen, hendaknya buah disimpan di box buah lalu dibawa ke area panen. Di area panen buah dicuci dengan air mengalir dan di sikat bagian ujung buah, karena biasanya masih memiliki kumpulan sarang semut atau kotoran.

Buah yang sudah dicuci tidak boleh langsu di pack, tapi dikering anginkan selama 30 menit lalu sudah mulai di pack. Proses packaging bisa menggunakan spon net lalu dilapis plastik wrap agar buah terlihat mewah dan elegan.
Buah jambu kristal
Buah Jambu Kristal
 Untuk keperluan transportasi, jambu kristal hendaknya diumpulkan pada box plastik ukuran 20 kg atau bisa juga dengan peti kemas lalu di distribusikan.

Biasanya buah akan memiliki resiko kerusakan sebesar 10% dari total panen. Kerusakan pasca panen yang menyerang biasanya karena cendawan. Cendawan pasca panen merupakan serangan yang cukup merugikan jika tidak ditangani dengan baik.
Distribusi buah dengan waktu cepat akan mengurangi resiko terkena serangan.
PErhatikan setiap langkah kerja dan usahakan selalu berproses dengan hati yang tulus ikhlas, maka buah akan senantiasa berkah.

Terimakasih, semoga bermanfaat..

Untuk info lebih lanjut terkait budidaya Jambu kristal dan jika berminat membeli atau menjadi Reseller, silahkan kontak kami 

Salam
Petani Muda Mendunia.


No comments:

Post a Comment