Sunday, October 25, 2015

Perawatan Jambu Kristal Sesi 2 (Pembungkusan buah)

Perawatan Jambu Kristal Sesi 2 (Pembungkusan buah)

  

Seperti karakteristik tanaman holtikultura lainnya, yaitu tingkat perawatan yang intensif jambu kristal juga memiliki tingkat perawatan yang tinggi. Setelah pada artikel sebelumnya Perawatan Jambu Kristal sudah saya jelaskan terkait perawatan harian, sekarang akan dijelaskan perawatan untuk menghasilkan kualitas buah yang optimal.

Perawatan kali ini merupakan perawatan buah maupun bunga. Buah yang memilki kualitas super, memiliki ciri fisik yang mulus dan ukuran yang besar. Untuk mendapatkan buah dengan kondisi prima dibutuhkan pemangkasan atau sortasi buah sejak dini. Bahakan sortasi juga ada yang dilakukan sejak masih berupa kuncup bunga.

Sortasi buah yang dilakukan, yaitu:
1. Dalam 1 cabang usahakan maksimal 3 buah yang terbentuk
    Hal ini bertujuan untuk  memaksimalkan ukuran buah dengan konsentrasi suplai hara ke 3 buah saja, sehingga ukuran buah akan terkontrol.
2. Buang buah yang muncul pada ujung cabang
    Buah yang muncul pada ujung cabang umumnya memiliki ukuran kecil, hal ini dikarenakan suplai hara terlebih dahulu digunakan untuk buah yang berada lebih pangkal.


Buah ujung
Buah jambu kristal diujung

3. Buang buah yang memiliki noda pada lapisan buah.
   Buah yang mulus tidak memiliki cacat pada kulit luar. Umumnya kerusakan kulit luar buah disebabkan karena gigitan hama, sehingga menyebabkan bekas ada buah yang terjaga hingga buah matang dan besar.

4. Jika dalam 1 tangkai buah muncul lebih dari 1 buah, maka pilih 1 buah terbaik.
    

Selain dapat dilakukan sortasi buah, dapat pula dilakukan sortasi saat bunga, yaitu Pilih bunga dengan ukuran yang lebih besar (gendut).
sortir buah
Sortasi Buah Jambu Kristal

Sortasi sangat penting, sehingga umumnya kegiatan sortasi ini dilakukan oleh orang yang khusus dan teliti dalam melihat kualitas buah. Jika dilakukan perawatan seperti penyemprotan pestisida dan kegiatan sanitasi yang baik, maka kualitas buah akan meningkat karena serangan hama rendah.

Pembungkusan Buah Jambu Kristal


Selain sortasi, pembungkusan buah sangat penting dilakukan. Hal ini karena buah jambu kristal dangat rentan terhadap panas sinar matahari langsung. Buah akan mengalami penguningan dan merusak fisik buah jika tidak dibungkus.
Ada beberapa alterbatif pembungkus buah yang dilakukan.
1. Bungkus dengan spon Net dilapisi kantong plastik bening.
2. bungkus dengan kertas koran dilapisi kantong plastik bening.
3. bungkus dengan kertas semen(tahan air) lapisi dengan kantong plastik bening.


Semua alternatif pembungkus memiliki kelebihan dan kekurangan. Silahkan disesuaikan dengan kesesuaian kondisi di lapang tempat anda berbudidaya.

Buah yang sudah siap dibungkus memiliki cirim yaitu ukuran buah sudah sebesar bila bekel, atau sebesar jempol orang dewasa. JIka pembungkusan buah dilakukan kepada buah yang masih kecil akan terjadi kerontokan karena tangkai belum kuat.


Perawatan yang optimal akan menghasilkan kualitas buah yang optimal. Seperti bayi manusia yang dirawat dengan baik dan diperlakukan dengan kasih sayang, maka akan menjadi manusia dengan karakter yang berkualitas.

Bertanilah dengan hati dan sayangi tanaman anda dengan sepenuh hati, maka tanaman akan menyayangi anda dengan menghasilkan buah yang berkualitas.


Salam Petani Muda Mendunia

For more info Kontak kami


No comments:

Post a Comment