Monday, November 2, 2015

Jambu Mutiara (Pearl Guava)

Jambu Mutiara (Pearl Guava) 

Buah Jambu Kelas Dunia


Hello para pecinta buah nusantara, kali ini Dunia buah nusantara mau coba bahas terkait buah jambu unggulan, yang konon katanya di Internasional paling populer. Mari kita bahas keunggulan buah yang satu ini.

Jambu Mutiara atau dalam bahasa Internasional dikenal dengan nama Pearl Guava, merupaka salah satu varietas jambu unggulan yang berasal dari Taiwan. Di Indonesia, di perkenalkan bersama proyek ICDF kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor. Di Indonesia, jambu ini belum terkenal karena kalah populer dengan jambu tanpa biji jambu kristal. Saat ini yang diketahui melakukan budidaya jambu mutiara yaitu ADS IPB, dan BDB Farm yang bekerjasama dengan Agrica Global Perkasa.

Kerjasama antara BDB Farm dan AGP   dalam melakukan budidaya jambu mutiara berupa pengelolaan kebun sebanyak 700 pohon yang letak kebun berada di daerah Leuwi liang, kabupaten Bogor.
Pearl Guava Field
Kebun Jambu Mutiara BDB Farm-AGP


JAmbu mutiara sangat menarik dan unggul karena memiliki buah yang besar dengan bobot antara 200-400 gram, bentuk bulan mirip buah pear, tekstur daging buah tebal dan empuk, serta yang sangat khas yaitu bijinya yang bertektur krispi (Biji dapat dimakan). Selain itu keunggulan dari jambu ini yaitu memiliki rasa manis yang luar biasa, tak salah jambu ini menjadi primadona dikalangan pecinta jambu dunia.

Jambu Mutiara
Jambu mutiara
Selain dalam segi fisik dan rasa buah, kehebatan lainnya yaitu jambu mutiara lebih kuat dalam menghadapi serangan hama. Selain itu jambu ini sangat cocok di budidayakan di daerah dingin. Berbeda dengan buah yang lain, di suhu udara yang dingin malah tidak cocok.

Dalam segi pasar memang buah ini belum banyak diketahui, namun beberapa pekebun asal Taiwan mejual dengan harga 35.000 per Kg jambu mutiara. Harga yang fantastis bukan?
Dengan peluang pasar yang masih sangat terbuka lebar, masih sangat besar pula peluang bertanam jambu mutiara. 
Jadi? tunggu apalagi...

Mau tahu info selengkapnya terkait jambu mutiara?
Mau mencoba buah atau bibit jambu mutira?
Silahkan klik Contact us...


Terimakasih...
Semoga Bermanfaat...

Salam
Petani Muda Mendunia


No comments:

Post a Comment